Best Patner

Friday 27 February 2015

Kerinduan Ku


Desingan hujan yang kian riuh membasahi atap
Menemani diriku yang dibalut rindu ditengah malam
Tak terasa, air mata membasahi pipi ini
Seakan aku merasa sendiri di dunia ini

Oh abi......
Oh mami.....
Kenapa kalian terlalu cepat meninggalkan ananda
Ananda masih rapuh tanpa kalian disisi ku

30 tahun yang lalu, aku sudah terasing tanpa kasihmu ayah
Selama itulah hanya kasih ibu yang aku dapat
Namun, engkau ibu juga telah pergi
Padahal aku belum sepenuhnya berbakti kepadamu

Aku belum membahagiakan kan ibu seutuhnya
Aku belum sempat memberi seperti dirimu memberikan padaku
Aku belum sempat mengurusmu ibu, seperti engkau mengurus aku
Ibu... oh ibu..... i miss u

Dengan linangan air mata, ku kirim dirimu doa
Semoga engkau ditempatkan disisi Ilahi
Dan semoga kelak di yaumil masyar
Kita dipertemukan kembali

Sungguh, sangat sepi hidup ini
Bila kita tidak memiliki kasih sayang orang tua,
Jagalah mereka wahai sahabatku
Bila kalian masih memiliki mereka dengan utuh.

Imanku Terkikis



Sejak aku mengenal mu
Engkau telah membuat aku terlena
Sehingga aku hampir melupakan,
Melupakan Tuhan dan diriku

Hari-hari ku lewati denganmu
Tanpa senyum, tanpa sapa dan tanpa cerita
Engkau bukan siapa-siapa
Tapi engkau telah menjadi siapa-siapa

Kini dengan kesendirianku
Aku hampir diperbudak olehmu
Sehingga imanku kian terkikis
Oh dunia maya ku.

Memaknai Tasamuh (Toleransi)



Toleransi  memiliki beberapa makna sesuai dengan sumber bacaan, toleransi adalah “kelapangan dada dalam arti suka rukun kepada siapapun, membiarkan orang berpendapat atau berpendirian lain, tak mau mengganggu kebebasan berpikir dan berkeyakinan lain”, (Drs. Dwi Adi K, Kamus Praktis Bahasa Indonesia). Dan toleransi juga diartikan; 1 sifat atau sikap toleran: dua kelompok yg berbeda kebudayaan itu saling berhubungan dengan penuh -; 2 batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan; 3 penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja”, (KBBI).

Di dalam Islam, juga dikenal istilah toleransi. Toleransi (tasamuh) di dalam Islam hanya berkenaan dengan masalah – masalah duniawiyyah/masalah kemasyarakatan di dunia saja. Sedangkan dalam masalah i’tiqad/aqidah Islamiyyah juga dalam masalah syari’ah tidak diketemukan toleransi di dalamnya. Semua sudah terbingkai rapi dan teratur di dalam satu aturan / perundang – undangan yang berasal langsung dari Allah.

Sedangkan kata “tasamuh” dalam al-Qamus al-Muhith, merupakan derivasi dari kata “samh” yang berarti “sikap pemurah, penderma, dan gampangan”. Dalam kitab Mu’jam Maqayis al-Lughah karangan Ibnu Faris, kata samahah diartikan dengan suhulah (mempermudah). Pengertian ini juga diperkuat dengan perkataan Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fath al-Bari yang mengartikan kata al-samhah dengan kata al-sahlah (mudah), dalam memaknai sebuah riwayat yang berbunyi, Ahabbu al-dien ilallahi al-hanafiyyah al-samhah. Perbedaan arti ini sudah barang tentu mempengaruhi pemahaman penggunaan kata-kata ini dalam kedua bahasa tersebut (Arab-Inggris), (Salimah Pekan Baru, Facebook).

Dalam pembahasan Salimah menjelaskan, dalam mengkaji konsep toleransi dalam Islam, merujuk kepada makna asli kata samahah dalam bahasa Arab (yang artinya mempermudah, memberi kemurahan dan keluasan), dan bukan merujuk dari arti kata tolerance dalam bahasa Inggris yang artinya menahan perasaan tanpa protes. Akan tetapi, makna memudahkan dan memberi keluasan di sini bukan mutlak sebagaimana dipahami secara bebas, melainkan tetap menggunakan tolok ukur Al-Qur’an dan Sunnah.

Makna toleransi (tasamuh) adalah mengenai hubungan kehidupan di dunia, ini pun bukan tentang aqidah. Apabila terjadi penyelewengan aqidah maka ini dikatakan aliran sesat bila terjadi didalam Islam yang kadangkala menjurus kepada murtad. Rasisme atau pelecehan bila itu dilakukan oleh agama lain, yang keduanya memiliki ketentuan yang jelas, bukan memaknai toleransi bagi mereka yang kufur atau murtad dan bagi mereka yang menghina agama kita.

Jadi, toleransi dalam Islam merupakan pembahasan yang cukup penting untuk dikaji, karena banyak di kalangan umat Islam yang memahami toleransi dengan pemahaman yang kurang tepat. Misalnya, kata “toleransi” dijadikan landasan paham pluralisme yang menyatakan bahwa “semua agama itu benar”, atau dijadikan alasan untuk memperbolehkan seorang muslim dalam mengikuti acara-acara ritual non-muslim, atau yang lebih mengerikan lagi, kata toleransi dipakai oleh sebagian orang ‘Islam’ untuk mendukung eksistensi aliran sesat dan program kristenisasi baik secara sadar maupun tidak sadar. Seolah-olah, dengan itu semua akan tercipta toleransi sejati yang berujung kepada kerukunan antar umat beragama, padahal justru akidah Islamlah yang akan terkorbankan, (Kharis Nugroho, Lc, alumnus Ma’had Tahfidhul Qur’an Isy Karima Jawa Tengah).

Kerukunan dalam Islam

Kerukunan dalam bahasa Arab disebut dengan kata tawaafuqun, tawaddun, ittifaqul kamilati. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kerukunan diartikan dengan kelapangan dada, dalam arti suka rukun kepada siapapun, membiarkan orang berpendapat atau berpendirianlain, tak mau mengganggu kebebasan berpikir dan berkeyakinan lain. Kerukunan itu adalah satu tata pikir atau sikap hidup (thalent attitude) yang menunjukkan kesabaran dan kelapangan dada menghadapi pikiran-pikiran, pendapat-pendapat, dan pendirian orang. Dalam istilah agama islam,kerukunan itu dinamakan tasamuh, yaitu membiarkan secara sadar terhadap pikiran atau pendapat orang lain. Orang yang demikian dinamakan toleran, (Khasanah Islam).

Islam sangat menghargai sesama muslim, bahkan kepada non muslim, sehingga mereka ada yang dikategorikan dengan si “zimmi”, yaitu mereka yang non muslim namun tinggal di negara muslim. Dan kepada si “zimmi” ini mereka diperlakukan hampir sama dengan perlakuan kepada muslim, hanya beberapa hal yang membedakan mereka dengan muslim.

Islam memerintahkan penganutnya untuk memberikan rasa aman kepada si zimmi dan si musta’man, agar mereka dapat merasakan bagaimana aman dan cinta damai nya Islam.

Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, Maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, Kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak Mengetahui”, (Q. S At Taubah: 6).

Selain memberikan rasa aman kepada mereka, Islam juga memberlakukan rasa adil antara orang kafir dan orang muslim, jika mereka berada ditengah-tengah penerapan hukum Islam.

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”, (Q. S Al Maidah: 8).

Bahkan Islam telah memberlakukan orang-orang non muslim yang tinggal dinegara muslim seperti manusia lainnya, bukan memberlakukan mereka seperti binatang, bahkan Rasulullah melarang kaum muslimin berbohong, merampas harta mereka apalagi membunuh membunuh mereka.

Dan (ingatlah), ketika kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling”, (Q. S Al Baqarah: 83).

“Siapa yang membunuh kafir mu’ahid ia tidak akan mencium bau surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan empat puluh tahun”, (Hadits).

Ini sebagai bentuk toleransi dan dan kerukunan umat Islam kepada mereka yang non muslim yang tinggal dinegara muslim, namun hal yang serupa ini tidak pernah dirasakan saudara kita yang berada dinegara non muslim, jangankan untuk melaksanakan kegiatan Islam secara massal, kadang untuk menutup aurat dan mengerjakan ibadah lima waktu saja harus bersembunyi, apalagi untuk mendirikan mesjid yang besar-besar.

Siapa yang mendiskriminasi siapa, inilah yang perlu kita tanyakan kepada diri kita dan pemimpin kekuasaan dunia, kenapa kesalahan individu umat Islam sering dikaitkan dengan kelompok atau organisasi besar dan atas suatu perintah, dan kenapa saat kesalahan suatu negara non muslim namun mereka mengatakan itu perbuatan individu bukan atas dasar perintah.

Saat suatu negara menghina Islam dan menghina baginda Rasulullah SAW dengan membuat karikatur beliau dengan berbagai macam bentuk, penduduk dunia diam, anehnya negara-negara Islam juga diam membisu, namun saat ada individu umat Islam yang membalasnya, malah dia di cap sebagai teroris dan radikal, tiada yang membela dia. Ini yang perlu kita tanyakan tentang keislaman kepada diri kita.

Mengapa Aku Yang Dikorbankan (Kisruh Kurikulum 2013)



Berbicara kurikulum 2013, maka seolah kita sedang membahas tentang pro dan kontra, dimana mantan Menteri Pendidikan M. Nuh masih berkokoh dengan kurikulum yang dicetusnya yang terbaik, dan mengatakan kurikulum 2013 bukanlah aliran sesat.

Sedangkan Menteri Pendidikan Dasa, Menengah dan Kebudayaan yang terpilih sekarang Anis Baswedan mengatakan kurikulum 2013 terlalu tergopoh-gopoh  diterapkan padahal kurikulum tersebut masih setengah matang, dimana uji materi dan kelayakannya perlu dipertimbangkan kembali, bukan setelah dicetak langsung disuruh praktekkan kepada seluruh sekolah di Indonesia.

"Cuma yang sekarang dilaksanakan adalah yang setengah matang. Kasihan anak-anak kita, karena itu dijalankan di 2013, diuji coba di 6000 sekolah, belum ada feedback-nya, tapi sudah dijalankan seluruh sekolah dalam waktu setahun," kata Anies di Jakarta, Sabtu (22/11/2014-Kompas).

"Cuma yang sekarang dilaksanakan adalah yang setengah matang. Kasihan anak-anak kita, karena itu dijalankan di 2013, diuji coba di 6000 sekolah, belum ada feedback-nya, tapi sudah dijalankan seluruh sekolah dalam waktu setahun," kata Anies di Jakarta, Sabtu (22/11/2014).

Anies membandingkan penyusunan kurikulum di Indonesia dengan di negara lain. Untuk membangun suatu kurikulum, lanjut Anies, negara lain memerlukan waktu paling tidak empat hingga lima tahun.

"Dimatangkan dulu baru dijalankan. Kalau ini (kurikulum 2013), belum dimatangkan, sudah dijalankan, karena itu banyak yang mengeluhkan," (Anis Baswedan, Kompas, 22/11/2014).

Selain kurikulum yang setengah matang, Anis juga mengatakan banyak guru yang mengeluhkan kurikulum tersebut, selain mereka menjadi pusing bahkan ada yang dikorbankan, bahkan lebih parah lagi dalam sistem penilaian yang membuat mereka makin repot dan tidak ada waktu untuk mengajar, namun hampir seluruh waktunya tersita buat penilaian.

"Guru terutama banyak sekali yang complain. Mereka banyak merasa beban administratif yang tinggi. Beban untuk mengerjakan urusan administratif tidak sebanding dengan beban atau waktu mendidik," kata Anies saat ditemui di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (Suara Pembaruan, 11/11/2014).


Kenapa Pelajaranku Dirampas

Mata pelajaran yang disediakan dalam Kurikulum 2013 untuk tingkat SMP/MTs adalah Kategori A: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Bahasa Inggris, sedangkan untuk kategori B : Seni Budaya (termasuk muatan lokal), Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal), Prakarya (termasuk muatan lokal), (SMPN1 Sindangagung)

Di Madrasah Tsanawiyah yang dulunya memiliki pelajaran Fiqih, Aqidah Akhlak, Quran Hadits, SKI dalam kurikulum 2013 disatukan dalam satu mata pelajaran yaitu pelajaran Agama Islam, pelajaran Bahasa Arab dan TIK juga dihilangkan. Ini bertanda mereka yang mengempu palajaran agama harus membagi jam kepada setiap guru agama yang telah hilang mata pelajarannya sama rata, sedangkan untuk guru Bahasa Arab dan TIK sama sekali tidak memiliki mata pelajarannya lagi, ini bertanda mereka harus kehilangan jam mengajar dan harus kehilangan tunjangan sertifikasi bagi mereka yang telah disertifikasi dengan mata pelajaran tersebut.

Ketika dunia pendidikan ingin digalakkan dan peningkatan mutu pendidikan sedang dicetus, bahkan penambahan tunjangan bagi guru untuk memaksimalkan mereka dalam mendidik anak bangsa, tetapi malah ada guru yang ingin dikorbankan. Bahkan ada guru yang ingin dirampas kesejahteraan mereka.

Membentuk karakter siswa seperti yang tertulis dalam guru berkarakter tidak mesti mengorbankan guru, menjalankan KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 bisa dilakukan dalam setiap mata pelajaran, bukan sebaliknya, kepada siswa  ingin diterapkan KI-2 agar siswa mampu dan selalu bersosial namun kepada guru KI-2 malah dihilangkan, ini akan menjadi masalah baru.

Coba dipikirkan dari Sabang sampai Marauke, berapa guru TIK dan guru Bahasa Arab seluruh Indonesia yang ata pelajarannya dihilangkan. Kalau ada yang mengatakan Bahasa Arab masih utuh dan masih ada dalam kurikulum 2013, maka nasib guru TIK?

Kini ribuan mereka yang berada di pusat kota dan pelosok desa seluruh Indonesia masih bertanya-tanya tentang nasib mereka, walau Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah sekarang telah menegaskan untuk membatalkan Kurikulum 2013, namun masih banyak sekolah dan madrasah yang masih juga memperjuangkan Kurikulum 2013 tersebut diterapkan, entah ini perjuangan atau proyek.

Semoga Bapak Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anis Baswedan berlaku bijak dan benar-benar memperhatikan mereka yang terkorbankan karena kurikulum 2013, sekarang memang masih dalam tahap uji coba kepada beberapa sekolah, namun bukan mustahil satu saat kurikulum tersebut juga disahkan.

Harapan guru yang dikorbankan, kalau memang kurikulum tersebut layak dijalankan, semoga tidak ada mata pelajaran yang dihilangkan berdasarkan kurikulum 2006, sungguh sangat disayangkan bila mereka telah disertifikasi kemudian hak mereka dirampas, tak ubah seperti janda atau duda yang ditinggalkan oleh kekasihnya.

Menerapkan pendidikan yang lebih baik adalah dengan melihat semua orang yang terlibat disana tidak ada yang dikorbankan, mereka juga guru-guru yang telah berjasa mendidik anak bangsa sehingga anak-anak mengenal teknologi. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang bisa diterima oleh semua orang dan mampu memberi kemaslahatan kepada mereka secara menyeluruh.